VCO UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKANMU

 


Orangtuasekolah.id -- Ada yang masih ingat pelajaran kita sewaktu di Sekolah Dasar tentang Pohon Kelapa? Pohon Ajaib yang dari ujung daun hingga ujung akarnya kaya akan manfaat. Sebagai negara tropis, Indonesia termasuk salah satu negara produsen kelapa terbesar di dunia, sehingga rasanya sayang sekali jika kita melewatkan manfaat dari buah yang satu ini.

 Hal yang paling dekat mungkin setiap melihat ketupat pasti ingat ya daunnya dari mana, atau sapu lidi di rumah kita yang biasa kita gunakan untuk bersih-bersih juga berasal dari kelapa. Tak ketinggalan atap rumah di pedesaan atau pinggir pantai juga menggunakan daun kelapa.  

Batang kelapa banyak digunakan sebagai bahan kayu bakar bersamaan dengan tapas atau cangkang kelapa. Batang kelapa juga kerap digunakan sebagai juga pondasi rumah dan berbagai kerajinan tangan. 

Air buah kelapa terbukti sebagai sumber minuman sehat yang mengandung antioksidan tinggi dan kaya akan mineral. Untuk akar dan sabut kelapa, para ibu rumah tangga di luar sana pasti sudah tidak asing dengan kegunaannya di rumah. Sapu ijuk adalah alat bersih-bersih sepanjang zaman yang setiap hari pasti digunakan. Dan akar kelapa adalah salah satu pencegah abrasi paling dahsyat. 

Masya Allah begitu banyak manfaat yang didapat dari pohon kelapa ini. Nah yang akan kita bahas kali ini adalah salah satu olahan kelapa yang paling populer yaitu minyak kelapa. 

Saat ini Virgin Coconut Oil, minyak kelapa murni atau yang dikenal dengan sebutan VCO merupakan minyak yang diproses dari sari buah kelapa tanpa bahan tambahan apapun. Jadi 100% merupakan sari kelapa murni.

 Nah VCO ini diklaim sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk mengobati rambut rontok dan mencegah ketombe misalnya, VCO dikenal ampuh untuk menutrisi rambut dan merawat kesehatannya. VCO juga dikenal di kalangan para ibu muda untuk mengatasi kulit ruam pada anak. Bahkan di dalam salah satu jurnal dari departemen pangan dan teknologi Binus University tahun 2016 menyebutkan bahwa manfaat VCO salah satunya mengatasi kegemukan, penyakit kulit, kanker prostat, jantung, darah tinggi, dan diabetes.

 VCO juga diklaim merupakan minyak yang paling sehat dan aman dibandingkan dengan minyak goreng lain dan dianggap mampu mendukung sistem kekebalan dengan membebaskan tubuh dari mikroorganisme berbahaya. Termasuk membantu proses penyembuhan penyakit akibat virus. 

Untuk kecantikan, VCO dapat digunakan sebagai pelembab alami pada kulit yang bermanfaat untuk melembabkan wajah, mengurangi kerutan dan mencegah jerawat.

 Bagi ibu hamil, fungsi VCO yang melembabkan kulit dapat digunakan untuk mencegah sterchmark. Begitu banyak manfaat VCO sehingga ada baiknya kita selalu menyediakan VCO di rumah untuk kebutuhan keluarga. VCO dengan mudah dapat ditemukan dimana saja mulai dari marketplace, toko obat herbal, supermarket dan masih banyak lagi. 

Namun sebelum membeli jangan lupa terlebih dahulu cek keaslian dan tanggal kadaluarsanya ya. Cara cepat mengetahui kualitas VCO yang baik adalah dari penampilannya. VCO di suhu normal akan cair dan bening seperti air dan biasanya beku pada suhu di bawah 25 ° Celcius, dan berwarna putih susu. Aroma dan rasa memiliki wangi khas kelapa. VCO yang berkualitas tinggi dapat tetap fresh selama dua tahun tanpa perlu disimpan di lemari es. *(RikaAgustina)*

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.