Emas Solusi Cerdas Tabungan Pendidikan Anak

 “ Pendidikan merupakan pilar utama bangsa, maju mundurnya bangsa tergantung pada pendidikannya.  Namun, tidak semua orang mendapatkan pendidikan yang layak dikarenakan biaya. Dengan adanya tabungan pendidikan masa depan anak akan terencana dengan baik. Emas dapat menjadi solusi investasi anti inflasi untuk pendidikan anak” 

Foto doc. Mr gold

Orangtuasekolah.id -- Tidak dapat dipungkiri bahwasanya biaya pendidikan terus naik setiap tahunnya. Menurut data BPS (Badan Pusat Statistik), rata-rata kenaikan biaya pendidikan sebesar 10-15 % pertahun. 

Setiap orang tua menginginkan anaknya dapat mengenyam pendidikan yang layak. Dari TK ( taman kanak-kanak ) hingga perguruan tinggi. Dengan adanya kesadaran orang tua untuk pendidikan masa depan anak, maka masa depan mereka akan terjamin. Karena tugas utama dari seorang anak adalah belajar, menuntut ilmu setinggi-tingginya.

Tetapi, sadar saja tidak cukup jika tidak ada perencanaan yang baik dan terarah. Perencanaan tersebut bisa dilakukan dengan menabung emas sejak dini.

Mengapa harus Tabungan Emas?

Menurut pakar Ekonomi Islam Nahyez, Nurul Anisak, harga emas cenderung naik setiap tahun dan jarang turun, sehingga baik untuk investasi jangka panjang terutama untuk investasi pendidikan.

Dibandingkan dengan tabungan pendidikan bernilai rupiah, tabungan emas lebih menjanjikan.” Kalau tabungan pendidikan biasa nilainya ya segitu aja bahkan tergerus inflasi, kalau emas tren harga naik, jadi inflasi lebih sedikit,” terang aktivis ekonomi Islam ini.

Hal senada diungkapkan oleh Viska Restiani, pegiat Magnet Rezeki (MR Gold & Dinar Khoirur Rooziqiin),  emas sangat cocok untuk tabungan pendidikan anak. “ emas cocok untuk investasi jangka panjang,salah satunya biaya pendidikan anak. Trend harga emas naik tiap tahun terlebih jika ada bencana alam, Emas itu liquid artinya sangat mudah untuk dicairkan. Bahkan di komunitas MR ada produk Dinar KR yang memberi jaminan buyback dengan spread terbaik sesuai kebutuhan," ungkap Viska.

Misalkan persiapan untuk dana kuliah anak, sambung Viska,anak kita saat ini berumur 8 tahun, berarti kita harus menabung emas selama sepuluh tahun kedepan untuk biaya kuliahnya diumur 18 tahun.” Jika kita konsisten menabung dua gram emas per bulan,maka ditahun kesepuluh tabungan emas kita sudah di angka 500 juta rupiah,dengan asumsi harga emas satu juta rupiah per gram dan kenaikan sepuluh persen per tahun,” terang alumni gontor putri tahun 2005 ini.

Bila kita bandingkan dengan mengikuti program tabungan pendidikan, tentu emas lebih menguntungkan berkali lipat, dan yang terpenting harus konsisten menabung emas setiap bulannya.

Prinsipnya emas adalah saving haven untuk menyelematkan aset kita, emaskan impian kita dan masa depan anak-anak kita. "Jangan “pegang angin”, karena harta paling aman adalah yang bisa kita lihat dan simpan sendiri," ujar Viska. Ryan Febrianti

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.