Olahraga Saat Puasa? Siapa Takut

 

Orangtuasekolah.id -- Hai pembaca yang budiman? Masih lancar puasanya? Semoga dengan berpuasa kita semua semakin sehat ya. Selama menjalankan Puasa sobat semua pasti mengalami beberapa perubahan aktivitas karena menyesuaikan dengan kondisi saat berpuasa. Baik mulai dari jam tidur, jam beristirahat,  bahkan di lingkungan para pekerja jam kantor pun berubah selama bulan Ramadhan. 

Begitu juga dengan tubuh kita. Pada Bulan Ramadhan, tubuh kita akan melakukan detox dimana tubuh akan mengeluarkan racun dalam tubuh selama kita berpuasa. Nah bulan puasa banyak dari kita yang mengesampingkan pentingnya berolahraga karena takut haus dan lapar saat berolahraga. Padahal olahraga dapat membantu tubuh kita tetap sehat dan bugar selama berpuasa.

Eits jangan kaget dulu, tentu olahraga yang dilakukan bukan jenis olahraga berat seperti aerobic, lompat tali atau angkat beban dong tentunya. Sobat semua masih bisa melakukan olahraga ringan alias low impact untuk mempertahankan kondisi tubuh yang fit dan bugar selama bulan Ramadhan. 

Menurut Ahli Program Kebugaran & Nutrisi Chelsea Amengual, glikogen atau karbohidrat yang disimpan tubuh kemungkinan besar habis saat puasa. Dengan begitu, kita dapat membakar lebih banyak lemak daripada biasanya. Intensitas olahraga saat puasa pun harus dikurangi untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Lantas, olahraga seperti apa yang bisa dilakukan? Berikut daftarnya dilansir dari Heathline:

1. Jalan santai

Dengan jalan santai, kesehatan tubuh bisa terjaga terutama kesehatan jantung dan bagian otot serta tulang tanpa harus mengeluarkan keringat terlalu banyak. Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini seperti di sore hari menjelang berbuka puasa.

2. Bersepeda

Bersepeda dapat mengencangkan otot dan menyehatkan jantung. Dengan bersepeda produksi oksigen ke dalam tubuh juga akan lebih lancar.

3.Yoga

Yoga termasuk olahraga ringan karena tidak terlalu menguras energi.Yoga akan membuat tubuh semakin sehat dan bugar. 

4.Jogging

Jogging masih mirip dengan jalan santai tetapi ritmenya lebih cepat.Jogging pun termasuk olahraga karena tidak terlalu menguras banyak keringat.

Dari keempat olahraga tersebut, pilihlah olahraga yang paling kamu sukai. Dan sesuaikan dengan kondisi badanmu.Jangan lupa perhatikan asupan nutrisi ketika sahur dan buka karena dengan nutrisi seimbang dan olahraga yang cukup tubuh pun akan membantu kita untuk selalu sehat serta puasa kita akan semakin lancar.(RikaAgustina)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.